(MTSN 5 Pasuruan) -
Pelaksanaan Kurikulum Merdeka di MTSN 5 Pasuruan diterapkan pada kelas VII dan
VIII, sementara kelas IX masih menggunakan Kurikulum 2013. Sabtu (2/3) menjadi
momen ditampilkannya hasil karya Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan
Profil Pelajar Rahmatan lil Alamin (P5 PPRA) yang merupakan representasi dari
pelaksanaan Kurikulum Merdeka. Adapun beberapa tema yang diusung adalah
Kearifan Lokal , dan Rekayasa Teknologi.
Gelar karya P5 PPRA berlangsung di Musholla pada pukul 07.30
WIB hingga 11.30 WIB. Acara ini dihadiri oleh Kepala Madrasah, Kepala Tata
Usaha, dewan guru, dan siswa-siswi kelas VII dan VIII. Rangkaian acara di awali
dengan menyanyikan lagu Pembacaan ayat suci Alquran dilanjutkan sambutan. Dalam sambutannya, Ivan Wahyudi
menjelaskan bahwa P5 PPRA ini bertujuan agar para pelajar memiliki karakter
sesuai nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila. Selanjutnya yaitu
penampilan pemutaran film, untuk kali ini seluruh rangkaian acara di handle
oleh panitia kecil yang terbetuk dari perwakilan kelas. Yaitu diwakili oleh
sutradara dan penanggung jawab produksi film.
"Dengan diadakannya gelar karya ini kedepannya diharapkan muncul inovasi-inovasi produk teknologi, pembekalan tentang kewirausahaan, dan turut melestarikan kearifan lokal dalam eco print dan menampilkan karya sinematografi yaitu film penidikan nomophobia," tutur Kepala madrasah.
Selanjutnya Kepala Madrasah dan Kepala Tata Usaha didampingi
oleh Waka Kesiswaan menyimpan pemutaran film karya siswa kelas VIII dan
presentasi ecoprint kelas VII serta
pemutaran video tutorial. Tampak Kepala Madrasah juga menanyakan
proses pembuatan dan memberikan masukan karya siswa-siswi kelas VII dan VIII.
Salah satu siswi kelas VIII yaitu Alvin saat ditemui oleh
tim publikasi merasa senang sekali mengikuti gelar karya P5 PPRA karena bisa
mendapatkan kesempatan untuk belajar lintas disiplin ilmu yang mengasah
keaktifan dan kreatifitasnya. Semoga MTSN 5 Pasuruan terus dapat melaksanakan
kegiatan aksi P5 PPRA untuk kedua kalinyake tiga kalinya. (RN)