Oleh : Nr
Abad ke-21 membutuhkan sistem pendidikan yang mempromosikan keterampilan dan kompetensi untuk masa depan, tidak terkecuali kreativitas, pemikiran kritis, kolaborasi dan komunikasi. Teknologi digital menawarkan peluang yang belum pernah ada sebelumnya untuk melengkapi, memperkaya, dan mengubah pendidikan guna memenuhi tantangan baru ini. Selain itu, teknologi informasi dan komunikasi (TIK) adalah alat utama untuk memfasilitasi akses pendidikan yang adil dan inklusif, menjembatani perbedaan pembelajaran, membuka perspektif baru bagi guru dan profesinya, meningkatkan kualitas dan makna pembelajaran, serta meningkatkan administrasi pendidikan. dan pemerintahan. Pembelajaran karakter secara digital sangat membantu siswa mencapai kompetensi yang telah ditetapkan. Akan tetapi, masih terdapat kesalahan pemahaman guru terhadap pembelajaran digital. Pembelajaran karakter secara digital sering hanya diterjemahkan sebagai pembelajaran dengan penggunaan alat digital. Hal ini ada simplifikasi dan kegagalan dalam memahami sebuah konsep.
Pembelajaran digital adalah upaya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan tidak hanya sekadar pemanfaatan alat digital di kelas. Oleh karena itu, pembelajaran digital tidak dapat sebagai tren untuk menggunakan alat-alat digital melainkan suatu tanggung jawab untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Penelitian Davis (2020) menunjukkan bahwa pemberian akses internet saja kepada siswa tidak selalu memberikan hasil yang baik. Diperlukan integrasi teknologi yang tepat untuk memungkinkan siswa terlibat secara aktif dengan ide-ide sehingga mereka benar-benar memiliki pengalaman belajar yang berkualitas. Ini adalah tantangan nyata yang harus dihadapi guru dalam pendidikan karakter. Konsep pembelajaran karakter secara digital cukup kompleks karena terlalu banyak variabel yang mempengaruhi. Singkatnya, Pembelajaran karakter secara digital dapat meningkatkan pengalaman belajar, menghemat waktu guru, memungkinkan guru menyesuaikan pembelajaran dengan kebutuhan siswa dengan lebih baik, membantu melacak kemajuan siswa, memberikan transparansi dalam proses pembelajaran bagi semua pemangku kepentingan, dan banyak lagi. Di antara banyak manfaat pembelajaran digital ini, sebagian besar guru setuju bahwa pembelajaran digital berdampak positif terhadap pertumbuhan dan pencapaian siswa.